Senin, 20 Maret 2017



Apa perasaan ibu jika anaknya baru bisa jalan di usianya yang sudah melewati umur 16 bulan? Bahkan teman sebayanya sudah bisa berlari kecil, sementara anak kita masih rambatan atau kadang sesekali merangkak? 

Oke, bagi ibu yang paham ilmu--biarpun si kecil sudah berumur 16 bulan tapi belum kunjung berjalan--tidak akan menjadi soal. Karena tahap perkembangan anak bisa berjalan itu normalnya dari umur 12 - 18 bulan. Termasuk saya juga tenang-tenang saja meski tetap berusaha saya stimulus karena saya pernah baca artikel ang menjelaskan bahwa anak umur 15 - 18 bulan yang belum bisa berjalan itu masih dikatakan normal namun kurang optimal, karena kemampuan motorik kasar dan kemampuan keseimbangannya kurang begitu baik. Pada anak seperti ini perlu intervensi atau stimulus ringan agar perkembangan motorik dan vestibularis (keseimbangan) lebih baik.

Bagaimanapun milestone setiap anak itu berbeda-beda. Tidak pas saja kalau ada ibu atau neneknya membanding-bandingkan dengan anak atau cucunya karena lebih dulu bisa berjalan bahkan sebelum genap umur 1 tahun.


Saya harus mengungkap apa yang saya alami saat anak kedua saya (cowok) harus dibanding-bandingkan dengan anak saudara atau tetangga yang milestone-nya lebih cepat ketimbang putra saya. Andai saya bersumbu pendek, mungkin akan langsung meledak. Atau minimal saya baperan, lalu sakit hati kemudian sampai kurang percaya diri ngajak anak halan-halan cantik di luar rumah. Untungnya saya santai saja menghadapi komentar-komentar mereka.

Jujur, mulanya saya juga sedikit tersinggung saat mereka keheranan lalu mencoba membandingkan atau berkomentar yang tidak mengenakan sampai ada yang nyaranin untuk diterapi. Tapi saya memilih tidak memasukkannya sampai ke hati. Ini demi kebaikan saya sebagai ibu dan juga anak saya. Bagaimanapun seorang ibu harus kuat agar anak-anak mereka tumbuh menjadi anak yang tangguh nantinya.

Saya baik sangka saja. Barangkali itu bentuk perhatian mereka, walaupun sejujurnya kalau diambil hati memang kadang ada yang nyakitin juga. Hihihi.

Saya mencoba berpikir positif. Saya juga tidak mau menduga-duga ketika ada segerombolan ibu berbisik-bisik mengomentari anak lelaki saya yang kala itu masih merangkak, padahal teman sebayanya sudah bisa berjalan sejak lama. Entah apa yang mereka katakan, saya tidak ingin menajamkan indera pendengaran saya untuk tahu lebih lanjut.

Ternyata sikap seperti ini sangat membantu sekali agar kita tidak mudah baper dengan komentar mereka. Beruntunglah saya dianugerahi suami yang selalu siap sedia menjadi pendengar dari setiap curcolan saya. Bukannya spaneng, kita malah jadikan komentar mereka untuk bahan guyonan. :D



Saya harus paham dengan tipikal orang-orang yang senang berkomentar tak tahu tempat ini. Ya, orang-orang seperti ini memang hobinya nyinyirin orang, mau gimanapun kondisi kita.

Dulu, si kakak yang sudah bisa berjalan di usianya yang baru menginjak 11 bulan saja juga tak luput dari hadangan komentar orang. Karena perkembangan motorik kasarnya yang lebih dominan, kemampuan berbicaranya jadi sedikit lebih lambat dari teman seusianya. Sebetulnya jika bersama saya, ada beberapa kata yang bisa dia ucap. Namun saat bersama teman-temannya, bahasa yang digunakan kebanyakan bahasa planet. Karena inilah, saya sering dituduh kalau saya tidak pernah ngajakin ngomong anaknya. Olala. Masa' iya punya mulut mingkem mulu? Padahal saya tergolong emak cerewet lho. :D

Ah, ya sudahlah. Tidak akan ada habisnya jika kita mendengarkan komentar mereka yang tidak paham keadaan ini. Yang ada justru malah makin bikin hati jadi gondok. Iya kan?

Ketika saya bisa santai, berpikir positif dan tidak mudah baperan, ternyata tanpa terasa anak saya pada akhirnya bisa berjalan sendiri di usia 16 bulan 21 hari. Alhamdulillah.

Agak sedikit lama memang. Tapi hikmahnya, saya merasa anak saya masih kayak bayi karena kalau pergi keluar rumah terpaksa harus digendong. Ya, walau lumayan pegal juga sih. Tapi kalau kita nyantai, dijalaninya ya oke-oke saja. :D

24 komentar:

  1. Anak pertama, aku dulu panik an mbak. Temennya setaon jalan...dia belum..aku bawa ke terapi/pijit.
    Yang anak ke dua..nyantai...yang penting anaknya sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari pengalaman ya mbak. Mungkin andai anak pertamaku yang bisa jalan 16 bulan lebih ya bakalan panik juga. :D

      Hapus
  2. Anak saya juga 16 bulan baru bisa jalan Mbak. Ngomongnya duluan sih, jadi bgitu bisa jalan, ya pinter jalan ya pinter ngomong, ga kelihatan kalau jalannya telat :)

    Saya udah kebal sama nyinyiran orang karena punya anak yang istimewa berbeda dengan Yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Saya juga udah kebal sekali dengan nyinyiran mereka. :D

      Hapus
  3. Anakku 11 bulan ini juga belum ada tanda2 jalan mbak.hihi... ;D padahal udah di stimulasi push walker. Eee tiap anak kemampuan motoriknya emang individual :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Tiap anak kemampuan motoriknya berbeda-beda. :)

      Hapus
  4. Anakku juga usia 16 bln. Sebenarnya tidak ada masalah dgn anaknya. Tapi orang tua yang sangat khawatir. Tiap datang ke rumah ataupun telpon selalu mengungkit masalah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Tapi ya aku jelasin kalo batas normal sampai 18 bln. :)

      Hapus
  5. Aku jd tenang baca ini mba. Sbnrnya memang tau sih kalo anak itu beda2. Tp gmn yaa, pas ngeliat anaknya adekku yg lbh muda sebulan dr anakku yg bungsu, udh bisa jalan lancar, sementara anakku msh ditatah trs -_-. Rada2 kepikiran jdnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusiawi itu mbak. Kadang aku juga kepikiran gitu. Tapi berusaha ngilangin biar gak spaneng. :D

      Hapus
  6. Emang beneran tiap anak beda2 ya mbakkk,,anak saya 10 bulan udah jalan. Tp sampe 15 bulan belum keluar giginya. Yaudah dinikmati aja 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Tiap ibu itu pasti punya ujian masing-masing untuk dapat nyinyiran orang nyinyiers. :D

      Hapus
  7. Pasti ada aja ya yang nyinyir Mba. Kita sebagai emak2 kudu setrong, cuek beibeh sama omongan orang. Yg penting, kita tetap memberikan yg terbaik untuk anak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, betul sekali Mbak. Kudu cuek beibeh bin setrong. :D

      Hapus
  8. Kalau dipikirin emang jadi spanneng dan kayaknya lamaaa banget ya mbak nunggu anak bisa jalan, dibiarin aja eh gak terasa udah bisa jalan sendiri, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mbak. Kalo kita nyantai ternyata ya nggak kerasa lama. :)

      Hapus
  9. anakku yg pertama 15 bulan baru bisa jalan...beda2 memang mbak. tp lebih cepet ngomong. kalau yg ke2 lebih cepet jalan tapi lambat bicara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Beda anak beda tumbuh kembangnya. :)

      Hapus
  10. Perkembangan anak itu beda-beda mbak yang penting kita tahu ilmunya sehingga apa kata orang kita cuek aja lihat juga sih Grafik kesempatan kesehatan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bingit mbak. Yang penting kita tahu ilmunya. Woles aja. :D

      Hapus
  11. kaya anakku mba, udah 5bulan belum bisa tengkurap sendiri, orang"udah panik nyuruh urut lah, priksa lah, apa lah, bikin deg"an saya, cuma krn saya yakin bakal bisa tengkurap bener aja 6bln lewat udah bisa tengkurap sendiri, positif thinking ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Yang penting kita tahu ilmunya sampai umur berapa batas normal anak bisa tengkurap, merangkak, duduk dsb. Jadi tenang deh entar. :)

      Hapus
  12. Anakku baru bisa jalan umur 13 bulan mba, alhamdulillah ya, kuping kadang panas jg sih karna dibandingin sama anak seumurannya. Emak2 rese emang selalu hadir di tiap milestones kayaknya ya? Hahaha.

    BalasHapus

Mohon maaf komentarnya saya moderasi. Hanya untuk memastikan ada komentar dan komentarnya sopan. Terima kasih. :)

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!